Berita

LIPI Serukan Dialog Nasional untuk Perdamaian Papua



Pengamat Papua dri LIPI, Adriana Elisabeth - IST
Pengamat Papua dri LIPI, Adriana Elizabeth – IST
Jakarta, Jubi – Tim Kajian Papua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Tim Papua LIPI) menyerukan adanya dialog nasional sebagai salah satu pendekatan untuk mewujudkan perdamaian di Provinsi Papua dan Papua Barat.
“Pada kunjungan terakhir di Papua pada 2015 lalu, Presiden Joko Widodo sudah menyatakan kesediaannya untuk berdialog dengan siapa pun,” kata Koordinator Tim Papua LIPI, Adriana Elizabeth, kepada wartawan di Jakarta, Senin (14/3/2016).
Namun hingga kini belum ada konsep dialogjelas yang akan dilakukan di Papua. Karenanya, Tim Papua LIPI mengusulkan dialog nasional sebagai media yang menghadirkan para pihak terkait secara inklusif untuk memahami dan membahas berbagai isu secara komprehensif demi perdamaian di Papua.
Sebelum dialog nasional dilakukan, pemerintah dan masyarakat Papua harus terlebih dahulu menentukan dan menyepakati tujuan utama dari dialog tersebut. Selanjutnya adalah menentukan pihak-pihak yang akan terlibat dalam dialog serta agenda, mekanisme, dan mediator dialog.
“Dialog jangan lagi dianggap tabu. Selama ini ada ketakutan pemerintah bahwa dialog pasti arahnya adalah kemerdekaan Papua. Dialog nasional bukan untuk membicarakan posisi, tetapi membicarakan kepentinganberbeda yang selama ini menjadi akar permasalahan di Papua,” katanya.
Konsep dialog nasional untuk mewujudkan perdamaian mungkin belum terlalu dikenal di Indonesia. Namun, dialog nasional sebenarnya sudah pernah dilakukan untuk menyelesaikan konflik di beberapa negara seperti Yaman, Tunisia, Sudan, dan Libya.
Dialog nasional dan mediasi damai bukan proses yang instan karena membangun kembali saling percaya antarpihak yang berkonflik memerlukan waktu, bahkan sangat mungkin dialog mengalami kegagalan.
“Apabila itu terjadi, proses dialog dapat dimulai kembali. Namun, harus ada pihak yang berupaya untuk memulai lagi,” katanya. (*)
Editor :Nies Tabuni
Sumber :
http://tabloidjubi.com/2016/03/14/lipi-serukan-dialog-nasional-untuk-perdamaian-papua/

About tikomemedia.com

0 Comments:

Diberdayakan oleh Blogger.