Yahukimo

Bawaslu Kabupaten Yahukimo Melantik Panwas Kelurahan dan Kampung

Kapolres Yahukimo dan Kepala Distrik Dekai didampingi oleh Ketua dan AnggotaBawaslu Kabupaten Yahukimo berpose bersama usai kegiatan pelantikan Bawaslu Kelurahan dan Kampung.

Dekai,tikomemedia.com---Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Yahukimo mengadakan kegiatan pembentukan pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pengawas Kelurahan dan Kampung 51 Distrik Se-Kabupaten Yahukimo. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat,(16/11/2018) kemarin di Aula Otto Kobak Mission Center (OKMC) Dekai.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Kapolres Yahukimo AKBP. Angling Guntoro, Kepala Distrik Dekai Ibu Rut Ayomi, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Yahukimo didampingi oleh para komisioner bawaslu kabupaten yahukimo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Yahukimo Sepius Mirin kepada tikomemedia.com setelah pelantikan menjelaskan, kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Mulai dari tanggal 15 dan 16 november 2018. Hari pertama lakukan evaluasi Panitia pengawas distrik  kabupaten yahukimo 51 distrik. Evaluasi yang dilakukan adalah pemilihan gubernur, pengecekan hak-hak ppl,dan logistik.

“ Ketiga Komisioner yang tidak  menjalankan tugas dengan baik lalu membawa hak-hak dari pada para ppl akan diberikan pembinaan. Sedangkan yang masuk caleg, sudah mengundurkan diri dan diganti dengan daftar tunggu yang diseleksi tahun kemarin “ Jelas Mirin

Lanjut Mirin, setelah evaluasi hari kedua dilanjutkan dengan pembentukan, pelantikan dan bimtek untuk panitia pengawas keluarahan dan kampung untuk pengawasan pemilu pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Pelantikan yang dilakukan untuk akan mengkawal pemilihan DPRD Daerah, DPRP Provinsi, DPR RI, DPD RI, dan Presiden dan Wakil Presiden.

Ketua Bawaslu juga meminta supaya, Ketua KPU Kabupaen Yahukimo supaya segera ada di Kabupaten. Menurutnya, dari tanggal 15 Agustus Bawaslu dilantik hingga hari ini kpu tidak ada di tempat tugas. Sehingga ia meminta supaya KPU untuk segera ada di kabupaten dan menjalankan kegiatan.

“ Proses dan tahapan sudah jalan, kegiatan kpu tidak lakukan di yahukimo. Kami sangat menyesal dan disayangkan sekali dengan kinerja kpu saat ini. Sehingga,kami menyarankan supaya kpu secepatnya pulang. Daerah kami disini, kami anak-anak daerah, sehingga tolong menghargai daerah ini dan membangun daerah ini. Kami ditugaskan disini bukan diluar-luar sehingga segera pulang “ Tegas Mirin
Mirin berharap, setelah pelantikan ini para panitia pengawas distrik menjalankan tugas dengan baik. Suara rakyat adalah suara Tuhan sehingga dari desa atau kelurahan bawa ke kabupaten dan tidak boleh ada jual beli. Sehingga untuk kedepan akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas untuk papua pada umumnya dan yahukimo pada khususnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kordiv SDM dan Organisasi Johny Hesegem menambahkan, kegiatan evaluasi dan pelantikan yang dilakukan ini pemberitahuan dari bawaslu provinsi untuk bagaimana melakukan evaluasi dan pembentukan ppl di tingkat kelurahan dan desa.

“ Tahapanya kami sudah lewati dari hari kamis mulai dari evaluasi dan sekarang kami masuk dengan pembentukan dan pelantikan. Secara kolektif dari 51 distrik dan 512 kampung  dan terakhir bimtek “ Jelas Hesegem

Hesegem berharap setelah mengikuti bimtek, para panitia pengawas kelurahan dan kampung bisa dapat penguatan dari segi kapasitas dan internal manajemen pengolahan panwaslu di tingkat distrik untuk mengawal proses pemilu ini.

Reporter : Jeck

About Admin

0 Comments:

Diberdayakan oleh Blogger.