Berita

Israel Larang Menlu RI Retno Marsudi Masuk Palestina


Israel Larang Menlu RI Retno Marsudi Masuk Palestina Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Israel melarang Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan delegasi pemerintah Indonesia memasuki Ramallah di Palestina. Israel tidak memberi izin over-flight bagi helikopter Angkatan Udara Yordania yang akan mengangkut Menlu Retno.

Sejatinya hari ini Menlu akan bertemu dengan Perdana Menteri Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri Palestina Dr. Riyadh al-Maliki. Menlu Retno juga akan membuka konsulat kehormatan di Palestina.

Dalam keterangan resminya, Kementerian Luar Negeri menyatakan akibat pelarangan itu, upacara pembukaan konsulat kehormatan itu dilakukan di Amman, Yordania. PM Abbas pun sampai terbang ke Yordania untuk bertemu dengan Menlu Retno.

Di Amman, tepatnya di Kedutaan Besar RI, Menlu Retno melantik Maha Abu-Shusheh sebagai Konsul Kehormatan pertama Indonesia di Palestina. Maha Abu-Shusheh akan berkedudukan di Ramallah.

Pelantikan itu dihadiri oleh Menlu Palestina Riyadh al-Maliki, dan duta-duta besar negara ASEAN dan OKI. Hadir pula Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq, Dubes RI untuk Yordania, Teguh Wardoyo, dan pejabat Palestina dan Yordania.

Menlu Retno mengatakan pelantikan dan pembukaan kantor Konsul Kehormatan di Ramallah merupakan bukti nyata dukungan Indonesia terhadap Palestina. “Dukungan Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina tidak pernah padam dan pada hari ini kita maju satu langkah lagi dengan pelantikan Konsul Kehormatan RI di Ramallah,” ujarnya.

Secara politis, Indonesia telah mendukung eksistensi negara Palestina pada berbagai forum regional maupun internasional. Indonesia juga memberikan dukungan dana jutaan dollar untuk pembangunan dan pengembangan kapasitas Palestina dalam mempersiapkan kemerdekaannya.

Dikutip dari Haaretz, pelarangan itu diduga lantaran Menteri Retno tak mau berkunjung ke Yerusalem untuk bertemu dengan pejabat Israel. Indonesia dan Israel memang tak punya hubungan diplomatik hingga kini.

Rencana kunjungan Menlu Retno ke Ramallah sudah disebut-sebut saat Konferensi OKI di Jakarta pekan lalu. PM Mahmoud Abbas pun hadir di acara itu dan sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Pada pertemuan itu Presiden sempat menyatakan pemboikotan produk buatan Israel. (ded/ded)
Editor :Nies Tabuni
sumber :http://www.cnnindonesia.com/internasional/20160313230124-120-117066/israel-larang-menlu-ri-retno-marsudi-masuk-palestina/

About tikomemedia.com

0 Comments:

Diberdayakan oleh Blogger.